10 Bunga Edible Terbaik


BLOSSOM BORAGE
Bunga-bunga biru berbentuk bintang yang indah ini dari pabrik borage rasanya sedikit seperti mentimun, itulah sebabnya mengapa mereka telah digunakan dalam salad seperti ini sejak The Elizabethan Age. 




ALENDULA

Dikenal sebagai “saffron orang miskin,” bunga marigold yang terbenam di matahari terbenam benar-benar terasa seperti kunyit saat ditumis dengan minyak zaitun untuk melepaskan rasanya. Berikut ini cara membuat infus minyak calendula. Kelopak marigold yang belum dimasak memiliki rasa yang lebih halus, sedikit pedas dan menambah kedalaman pada telur deviled.



LAVENDER

Manis dan sedikit wangi, lavender bekerja dengan baik ketika kuncup ditaburkan dalam sampanye dan koktail dan lebih dari makanan penutup seperti kue coklat. Atau coba di lavender peach crisp yang disajikan dengan es krim vanilla. Klik di sini untuk resepnya.


NASTURTIUM

Bunga-bunga cantik ini memiliki rasa sedikit pedas, hampir seperti selada air, yang membuatnya sempurna untuk gulungan kertas beras musim panas seperti ini. Anda juga dapat mengisi bunga utuh dengan mousse yang gurih atau menikmati bunga nasturtium seperti ini dengan carpaccio daging sapi.





BUNGA SAGE
Dengan rasa lembut, namun manis-gurih dan warna yang indah, bunga sage menambah dimensi berbagai hidangan. Untuk musim panas, pasangkan dengan lemon dan suguhan kebun lainnya dalam es loli untuk suguhan menyegarkan yang mengejutkan.


Calendula (Marigold)

Calendula (Calendula officinalis) atau biasa juga disebut bunga marigold adalah salah satu jenis bunga yang banyak digunakan dalam campuran salad. Rasanya sedikit pedas, tajam, dan juga agak pahit. Tepal bunganya yang berwarna kuning hingga oranye keemasan mampu menambah kesan segar pada hidangan. Biasanya ditaburkan pada sup, pasta, salad, bahkan nasi.




Bunga anyelir memperkaya aroma, rasa, dan tampilan pada minuman.

Carnation atau di Indonesia lebih dikenal dengan julukan bunga anyelir (Dianthus caryophyllus) biasanya dijadikan sebagai hiasan kue dan bahan pembuatan wine dan permen. Aromanya harum dan manis mirip biji pala atau cengkeh. Bunga anyelir sendiri adalah salah satu bahan rahasia dalam pembuatan Chartreuse(minuman khas Prancis) sejak abad ke-17.
Krisan (Chrysanthemum)
Krisan merupakan salah satu jenis edible flowers yang dijadikan hiasan dalam berbagai masakan.
Tanaman yang populer dijadikan sebagai bunga potong ini ternyata tergolong salah satu tanaman yang bisa dimakan juga lho! Krisan (Chrysanthemum coronarium) memiliki bunga berwarna merah, putih, ungu, kuning hingga oranye. Rasanya ada yang mirip kembang kol hingga sedikit pahit. Banyak digunakan dalam kentang tumis oriental dan bahan salad.
Kembang Zucchini
Kembang bunga zucchini biasa diolah dengan cara digoreng bersama tepung.
Zucchini atau timun jepang menghasilkan bunga yang berwarna kuning terang yang menghasilkan rasa lembut dan sedikit manis. Biasanya ditambahkan dalam masakan berbahan keju dan pizza.

 Nasturtium
Rasanya yang unik menjadikan bunga nasturtium banyak dijadikan bahan campuran salad.
Nasturtiums (Tropaeolum majus) termasuk dalam salah satu daftar bunga yang paling umum dikonsumsi. Bunganya memiliki rasa manis dan pedas mirip selada air. Banyak dijadikan sebagai hiasang piring, tambahan salad, sandwich dan makanan pembuka lainnya.

Pansy
Minuman yang dihiasi dengan bunga pansy mampu menambah rasa segar dan aroma khas pansy.
Pansy (Viola X wittrockiana) menghasilkan sensasi dingin (mint) dan sedikit grassy. Pansy biasanya digunakan sebagai hiasan, tambahan salad buah, sup, dan makanan pencuci mulut. Selain itu, pansy juga sempurna ditambahkan dalam koktail.

Mawar
Selain cantik, mawar juga kerap dijadikan hiasan makanan dan aman dikonsumsi.
Meskipun mawar (Rosa gallica officinalis) memiliki aroma bunga yang kuat, namun ketika dikonsumsi rasanya akan terasa lembut dan fruity mengingatkan pada rasa stroberi dan apel hijau. Mawar sangat cocok ditambahkan pada semua jenis masakan seperti sup, salad, selai hingga seduhan dalam teh.
Bunga Matahari
Bunga matahari srring ditaburi di berbagai hidangan pembuka.
Sunflower (Helianthus annus) termasuk jenis bunga yang bisa dikonsumsi ketika mencapai tahap tunas (rasanya mirip dengan artichoke). Begitu bunga terbuka, kelopak bunga bisa dimakan layaknya bunga krisan. Kuncup bunga yang belum dibuka juga bisa dikukus seperti artichoke.
Aromanya yang khas menjadikan bunga lavender pelengkap yang sempurna untuk berbagai jenis kue dan minuman.
Bunga cantik dan beraroma harum yang satu ini juga banyak dijadikan sebagai hiasan makanan. Lavender (Lavandula angustifolia) juga dijadikan bahan ice crem dan minuman segar lainnya seperti koktail. Rasanya manis dengan sentuhan jeruk nipis dan lemon.

Viola 
Viola tergolong salah satu jenis terbaik pelengkap salad.
Viola (spesies viola) termasuk diantaranya pansy dan johnny jump up, hadir dalam berbagai warna pastel yang indah. Rasanya manis dan khas “floral taste” menjadikannya pendamping yang sempurna untuk segala jenis makanan mulai dari salad hingga minuman es. Tampilannya pun sangat cantik ketika dihidangkan bersama dengan makanan ‘beku’ dan makanan penutup lainnya.








Post a Comment

Copyright © Edible Flower. Designed by OddThemes